Tentang Kami

Paradigma pembangunan terkini mensyaratkan keberlanjutan sebagai fondasi utama dalam setiap prosesnya dengan menitikberatkan pada aspek keberlanjutan ekonomi, sosial dan lingkungan. 

Tujuan

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahtaraan dan memenuhi kebutuhan saat ini dengan mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan generasi yang akan datang.

Konsep

Bertumpu pada konsep tersebut, sebagai Negara agraris, pedesaan masih dan akan tetap menjadi prioritas dan strategi utama pembangunan saat ini dan untuk beberapa masa kedepan.  Karena pembangunan pedesaan adalah vital bagi pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan. 

Sektor

Titik fokus pembangunan pedesaan memiliki konektivitas yang kuat dengan sistem ekonomi lokal masyarakat yang masih bertumpu pada pertanian sebagai sektor utamanya.

Sektor pertanian sebagai pondasi dasar dari pembangunan pedesaaan juga harus memiliki hubungan yang kuat pada pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal melalui partisipasi, peningkatan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat serta kelembagan sosialnya. 

Selain itu, perlu juga memperhatikan dan menitikberaptkan pada pengembangan dan ekpansi kegiatan ekonomi pedesaan tidak hanya bertumpu kegiatan budidaya dan industri pengolahan tetapi juga pada pembangunan infrastruktur pedesaan, pengelolaan sampah dan sumberdaya alam yang berkelanjutan.  

Featured In:

Kebijakan

Tidak dapat dipungkiri, arah kebijakan dan program pembangunan pedesaan dan pertanian selama ini masih bersifat sektoral dan parsial. 

 Strategi dan intervensi program juga masih menempatkan pedesaaan dan sumberdayanya sebagai objek dari pembangunan yang cenderung berdampak pada tingginya ketergantungan dan rendahnya inisiatif dan daya kreativitas masyarakat untuk membangun.   Optimalisasi sumberdaya pedesaan termasuk sumberdaya manusianya adalah sebuah keharusan untuk meningkatkan kemandirian, keberdayaan dan kapasitas pembangunanya. Oleh karena itu strategi dan intervensi pada sektor ini membutuhkan pendekatan yang holistic dan terpadu dengan memperhatikan aspek potensial, sumberdaya dan lokalitas dari pedesaan itu sendiri untuk memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan secara ekonomi, sosial dan lingkungan.  

Aspek Urgensi

Dengan memperhatikan pada aspek urgensi dan kompleksitas dari dinamika pembangunan pedesaan dan pertanian berkelanjutan, untuk itu diperlukan sebuah pusat kajian yang berfokus pada studi, intermediasi dan advokasi dengan pendekatan pembangunan pedesaan yang menitikberatkan pada perspektif yang kolaboratif dan multidisiplin adalah sebuah keharusan.

Pembentukan PRP3B

Oleh karena itu, inisiatif pembentukan Pusat Riset Pembangunan Pedesaan dan Pertanian Berkelanjutan –PRP3B (Center for Sustainable Agriculture and Rural Development –CSARD) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bisa menjadi sarana bagi semua akademisi dan bidang ilmu untuk dapat berkontribusi secara nyata dalam pengembangan dan pembangunan pedesaan dan pertanian yang berkelanjutan dimasa yang akan datang.